Selasa, April 14, 2009

InTIPS : Pasang Filter Air di Rumah?

Air sumur atau ledeng di rumah anda butek?
Jangankan untuk meminum, untuk mandi saja mungkin anda menggunakannya setengah terpaksa karena tidak ada pilihan.


Ya.. air bersih memang merupakan salahsatu kebutuhan yang amat vital..
Air bersih dan sehat adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, bebas dari bakteri dan kuman, tidak mengandung unsur mineral dan logam yang berlebihan, serta tidak tercemar oleh limbah atau zat-zat lain yang membahayakan bila kita konsumsi..

Tapi bagaimana bila kondisi sumber air di rumah anda memiliki kualitas yang kurang baik? Solusinya adalah memurnikan kembali sumber air anda.
Proses pemurnian air (water purifier), bisa kita lakukan dengan sistem filter atau penyaringan yang bertahap.

Jenis filter yang bisa digunakan adalah sebagai berikut :


Filter Multimedia

Filter ini merupakan filter pertama yang harus digunakan.
Tabung filter multimedia berbentuk silinder dan tertutup rapat. Didalamnya ditempatkan zat kimia Seng, Mangan, dan Karbon Aktif secara berlapis, yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan bau dari air.




Filter Cartridge


Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran dan mikroorganisme yang berukuran sangat kecil. Daya saringnya sangat tergantung jenis catridge yang digunakan, bisa menyaring zat atau mikroorganisme sekecil 0,005 mikron. Biasanya filter jenis ini harus diisi ulang secara berkala.



Filter Ultraviolet

Perangkat ultraviolet dalam filter ini memiliki fungsi utama untuk mensterilkan air dan membunuh segala kuman dan mikroorganisme dalam aliran air yang melewatinya, sehingga air bisa langsung dikonsumsi.




Filter Reverse Osmosis (RO)

Filter ini memiliki cara kerja yang mirip dengan filter cartridge, hanya saja membrane filter RO ini hanya mengalirkan zat sekecil 0,0001 mikron. Segala kotoran, mikroorganisme, bahkan air yang berukuran lebih besar akan dialirkan untuk dibuang. Air hasil reverse osmosis ini juga bisa langsung dikonsumsi.


Setelah anda mengetahui jenis-jenis filter untuk memurnikan air..
Berikut adalah gambar skema sistem instalasi filter air yang dapat diterapkan di rumah anda. Jenis filter air dapat diterapkan seluruhnya atau sebagian, menyesuaikan dengan kualitas sumber air di rumah anda.

1. Pompa Hisap (Jet Pump)
2. Tangki Air (Water Toren)
3. Pompa Tekan / Dorong
4. Filter Multimedia
5. Filter Cartridge
6. Filter Ultraviolet
7. Filter RO
8. Kran Air


Akhirnya selamat mencoba…
Kini anda dapat minum air dari air sumur .. :))


1 komentar:

  1. Wah keren juga nih postingnya sangat membantu.. untuk share aja saya juga coba buat posting mengenai water tratment system tapi belum finish semuanya di http://www.pentawaterfilter.co.cc/ , klo ada waktu mampir ke blog saya.. thanks..

    BalasHapus

Makasih dah komen sob,.. I Love you Full !