Senin, Agustus 24, 2009

Tentang Monetize Blog (dari nubie untuk nubie)

Saya cuma ingin berbagi dengan para sobat blogger sesama nubie mengenai monetize blog. Banyak sobat Nadja Tirta yang secara alami, blognya telah berkembang pesat.. dan tanpa mereka sadari, mereka memiliki potensi yang sangat besar untuk memulai monetize blog..

Mudah-mudahan sih paling ngga tulisan ini bisa ngasih masukan, wawasan, buat sobat.. (halah ribet..) dan tentunya apresiasi lebih baik pada para pelaku blog monetize dan pebisnis online. Buat para master... Tolong ya.. jangan pelit-pelit informasi sama nubie hehehe.. Jangan biarkan kami tersesat pada bisnis online yang SCAM karena kurangnya informasi!!

Apa itu Monetize Blog
Menurut bahasa saya sih monetize blog itu artinya cara-cara yang kita jalankan agar membuat blog kita bisa menghasilkan uang. Monetize blog bukanlah cara cepat kaya atau mendadak kaya karena kita memiliki blog di internet. Perlu konsistensi dan ketekunan dalam menjalankan, sama seperti menjalankan bisnis lain pada umumnya. Jadi kita baru bisa- ongkang-ongkang kaki atau bersantai di kursi goyang, jika kita sudah memiliki blog yang sukses dan dapat berjalan dengan sendirinya.

Bukan bermaksud melakukan provokasi, jika mengatakan bahwa saya ngiler dengan penghasilan dan kesuksesan para pebisnis online, yang karenanya berani tidak meneruskan kuliah S1 dst.. berani tidak memiliki pekerjaan kantoran.. Bahkan kini bebas ngeblog sesuka hati dari satu kota ke kota lain.. mau di Indonesia oke.. mau di luar negeri juga ngga masalah...

Tes.. tess.. iler saya netes.. bener-bener ngiler hahahaa...

Apa itu Page Rank ?
Secara umum, kunci kesuksesan dari blog monetize adalah trafik. Sederhananya gini, semakin rame pengunjung toko kita, semakin besar juga kemungkinan dagangan kita laku dan habis terjual kan? Jadi trafik blog kita selalu berbanding lurus dengan penghasilan dari blog monetize.

Terus hubungannya dengan page rank? Pagerank sendiri saat ini merupakan salah satu alat ukur paling populer untuk kualitas trafik dari blog yang kita miliki. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari (Search Engine) Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergei Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. Selebihnya cari tau sendiri yah.. Hehehe..

Jadi sobat, setelah baca tulisan ini cek Masing masing PageRank nya ya.. Selamat bagi yang udah punya PR, karena itu akan jadi modal utama yang luar biasa untuk mulai melakukan blog monetize jika berminat of course..

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)
Optimisasi mesin pencari : Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO, adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Jadi ilmu SEO ini adalah salah dua (bukan salahsatu) hal yang wajib diketahui bagi para peminat blog monetize. Pengen tau lebih dalam tentang SEO ? Usaha ya sob.. Hehehe...

Trus Gimana?
Setelah sadar bahwa kita punya modal untuk dapet duit dari blog, tentunya kita harus tau metoda macam mana yang bisa menghasilkan...dan kita pilih untuk ditekuni.. Sebaiknya sih pelajari dan praktekan satu-satu... soalnya banyak banget sob.. Atau lebih baik lagi jika kita berguru langsung pada ahlinya.

Yang menarik dari monetize blog adalah banyaknya alternatif untuk mendapatkan rupiah maupun dollar dari blog kita. Paid Review adalah salah satu cara mendapatkan uang dengan menulis artikel atau review di blog kita sendiri. Tentu saja ada syarat dan peraturan dari advertiser yang harus kita penuhi, seperti topik, cara penulisan, dll. Menjual Ruang Iklan di blog adalah cara cocok untuk blog yang sudah memiliki trafik tinggi dan memiliki komunitas yang sudah terbangun. Menampilkan Iklan PPC atau PPM dari pihak ketiga, dimana kita bisa mendapat komisi jika pengunjung mengklik iklan tersebut (PPC) atau kita bisa mendapat komisi per sekian kali iklan ditampilkan (PPM). Jika kita punya keahlian Bahasa Inggris, kenapa sobat ngga Menjual Jasa terjemahan? YAng penting jasa yang kita tawarkan di blog sesuai dengan minat dan keahlian oke.. Menjual Produk, ... sayang sekali jika di daratan kita punya bisnis, tapi ngga coba kita pasarkan melalui blog ya.. Menjual Blog, ... kadang ada yang berminat untuk membeli blog kita jika blog kita sudah ramai pengunjung untuk tujuan komersil..

Tru Gimana Lagi ?
Tulisan ini cuma korek api aja... Mau jadi gas, bensin, minyak tanah, atau bahkan air.. itu hak sepenuhnya dari sobat blogger semua, yang penting kita tetap berteman hehehe..
Dan bagi yang memilih untuk menjadi bensin... Selamat berjuang aja deh ...
I Lope Yu Pull....

16 komentar:

  1. Mantap sob, lumayan juga uangnya dari blog nih, bisa jadi modal hosting sendiri. :)

    BalasHapus
  2. Monetize membuat blogging lebih hidup.

    BalasHapus
  3. wah... lengkap nich infonya, siap untuk dirubah menjadi bensin... hehehe. Thanks ya.. and i lope yu pull too....

    BalasHapus
  4. wah... infonya komplit banget bang... makasih ya... salam kasih penuh cinta dari sahabat...

    BalasHapus
  5. salam sobat
    trims ya infonya.
    saya jadi tambah ilmu nich,,,mengerti monete,,,biasanya cuma tahu istilah bisnis melalui blog saja.

    BalasHapus
  6. Berapa sih PR yang ideal buat monetize blog? PR saya masih buncit nih..

    BalasHapus
  7. bagus infonya mas, aku juga newbie dalam hal ini.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah sob,akhirnya aku bisa mengunjungimu lagi dan menggunakan link blogku, setelah kemarin utak-atik dan harus bongkar2 password.bisa meski di IE meskipun kalo pake mozzila tetep g bs log in ke blogku.

    artikel mu sllau bgs sob,nambah ilmu nih hehe... selamat berpuasa ^_^

    BalasHapus
  9. thanks info nya...
    bermanfaat bgt ni..cara lain cari rejeki,..

    BalasHapus
  10. Yaa..nulis sambil dibayar.. siapa yang nggak mau? Hehehe.. Tapi kayaknya, untuk urusan pain review ini, broker lebih menyukai blog yang berbahasa Inggris ya? Apalagi kalau isinya berkaitan dengan pengolahan uang. Biasanya nih, lebih gampang di-approve.

    Aku sekarang lagi "menumbuhkan" blog bahasa Inggrisku dulu untuk tujuan ini :)
    Terimakasih untuk infonya yaa..

    BalasHapus
  11. weiss...ketemu lagi nih temen blogger matre.. *Toss dulu ah* dah banayk nih pasti paypalnya...

    BalasHapus
  12. Yang paling penting dari ngeblog adalah konsisten dengan rutin mengisi postingan di blog sendiri minimal 1 artikel setiap hari.

    BalasHapus
  13. salam sobat
    berkunjung kesini lagi

    ada AWARD sederhana untuk sobat,,mohon diterima ya,,,di blog NURANURANIKU,,
    trims.

    BalasHapus

Makasih dah komen sob,.. I Love you Full !