Senin, Juli 27, 2009

Puisi Arsitektur

Berangkat dari ide awal hidup dan bermimpi dalam arsitektur. Menulis, melihat, menangkap peluang, menyimpan sekaligus berbagi pemikiran dan idea dalam media informasi digital yang begitu cepat dan luas.

Ternyata dalam perjalanannya, Nadja Tirta menjadi media yang dapat diandaikan sebagai buku harian saya, dimana anda semua sebagai sahabat bisa pula mengenal gambar dan kilas pribadi, curahan hati, tangis, tawa, pemikiran, idea, maupun keisengan saya sebagai pribadi.

Bagi saya Nadja Tirta bagai jendela yang saya buka pertamakali saat pagi hari. Begitu menghangatkan dan menggugah saat jendela ini terbuka. Begitu mengagumkan pemandangan yang saya lihat, begitu indah perasaan yang saya rasakan. Begitu banyak pribadi yang bersahabat dan hangat. Begitu bebas saya menjadi pribadi, yang jarang terekspresikan diwaktu jendela ini tertutup.

Seiring rasa cinta saya terhadap nadjatirta semakin bertumbuh, bersamaan dengan itu muncul pula kebutuhan dan tuntutan untuk berbagi ilmu dan harapan seputar dunia desain dan asitektur dalam wadah yang lebih khusus dan profesional. Kini tanpa keinginan meninggalkan personal blog ini, lahir pula disini atas dukungan sahabat :membangunrumah.com underconstruction

Dan dukungan dari semua sahabat ini akan menjadi semangat bagi Nadja Tirta untuk terus berkarya.. Karena ini merupakan jalan panjang yang saya tempuh menuju sebuah pengakuan. Terima Kasih selalu.

Jalan Panjang Menuju Pengakuan
"Menunjukkan penghargaan ke sesama arsitek, termasuk pada proyek desain mereka merupakan bagian dari etika profesi. Memberikan penghargaan-penghargaan untuk karya arsitektur, di sisi lain bukan hanya suatu bentuk pengakuan pada arsitek, sebaliknya merupakan usaha untuk memajukan kualitas desai arsitektural pada khalayak ramai sebagai bagian dari proses edukatif." (terjemahan bebas dari: The Long Road Towards Recognition Hal 13, Budi A. Sukada, IAI, President, Indonesian Institute of Architects, 2002 -2005)

Poetics of Architecture - Puisi Arsitektur
"The making of architecture is a case par excellence of this category of complex poetics, the arbitrary, traditional, and the contemplative...........
The desire to live in peace, the need for local identity as well as the need to quality as members of civilized community, and the expectation of arousing the chords of aesthetics emotion in all people, visually as well as spiritually, call for particular attention to poetics of our focus." (The poetics of Architecture - Anthony Antoniades, 1990/4)

Istilah poetik mempunyai arti yang lebih luas dari sekedar sebuah semantik. Poetik disebutkan sebagai suatu jalan untuk mencapai kreativitas melalui kata-kata. Poetik juga bisa diartikan sebagai pembuatan seni dari segi keindahan melalui pemikiran yang matang.

Dalam bukunya, dikatakan oleh Anthony Antoniades, poetics berasal dari kata kerja bahasa Yunani yang berarti "untuk membuat". Pembuatan ruang, pembuatan musik, pembuatan arsitektur,....... pembuatan syair.

Ketika Jendela Kubuka
Pertama kulihat senyummu
Kedua kurasa hangatmu
Ketiga kudengar sayup tawamu
Cerita, warna dan cahaya...
Dalam jalan yang begitu indah
Sahabat, mengapa tidak kita nikmati saja karunia ?
Ahh.. Ketika kubuka jendela..
Ternyata kubegitu mencinta.

11 komentar:

  1. salam sobat semoga ngga cuma puisi semata,,tapi terwujud inspirasinya sebagai arsitek terhandal..menghilangkan semua mimpi sobat...

    BalasHapus
  2. aq juga sama kayak nura dech
    semoga puisinya menjadi inspirasi proyeknya
    heheheh
    amiennn

    BalasHapus
  3. Puisinya bagus banget mas... sukses selalu ya... salam terkasih...

    BalasHapus
  4. hehe jatuh cinta ama arsitek nih :)

    BalasHapus
  5. nice poem...blog kreatif n unik.. aq suka loh mas.. salam kenal ya

    BalasHapus
  6. Berbagi ilmu sekaligus isi hati memang bisa berpadu serasi dalam sebuah blog. Itulah istimewanya. Itu sebabnya begitu banyak yang jatuh cinta. Termasuk kita-kita :)

    BalasHapus
  7. halo saya blogwalking nih, slm kenal. Hmmm puisi Arsitektur, ada ga ya puisi Interior?? XD saya suka kata2 ini "Poetik disebutkan sebagai suatu jalan untuk mencapai kreativitas melalui kata-kata", ada bnyak jalan mnuju kreatifitas trnyata, tapi kata2 adlh yg plg sderhana. Lbh sederhana drpada autocad & 3dmax, heheh...
    GBU

    BalasHapus
  8. selain jago bikin bangunan, jago bikin puisi juga ternyata ^^

    BalasHapus
  9. suka ma puisinya. pilihan kata-kata yang simpel dan mudah dicerna otak. hehe..

    BalasHapus
  10. ternyata sahabatku ini pintar jg berpuisi.. (^_^)
    punya blog br ya sob...
    smg jalan menuju ke sebuah pengakuan terwujud yah,amin.

    BalasHapus
  11. Mantap,, inspirasi brilian dari Anthoniades (y)

    BalasHapus

Makasih dah komen sob,.. I Love you Full !